10 hak dalam islam (pembukaan)

HAK – HAK YANG SESUAI DENGAN FITROH DAN DIKUATKAN OLEH SYARI’AT

SYEKH MUHAMMAD BIN SHALEH AL-UTSAIMIN

Rahimahullah

Terjemah

Abdullah Haidir

 Maktabah Ummu Salma al-Atsari

PEMBUKAAN

Segala puji bagi Allah Rabb seluruh alam, Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata tidak ada yang menyekutukan-Nya dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya, shalawat dan salam juga kepada keluarganya dan semua shahabatnya..

Sesungguhnya upaya seseorang untuk mengetahui kewajiban dan hak-haknya, mengetahui kewajiban-kewajibannya terhadap Allah dan hamba-Nya termasuk hal yang sangat penting dan merupakan kewajiban yang sangat besar. Buku yang kami berikan kalimat pembuka ini, meskipun bentuknya kecil, didalamnya terdapat poin-poin dan keterangan tentang hak manusia dan kewajiban mereka, semoga Allah memberikan ganjaran kepada pengarangnya dengan ganjaran yang sebaik-baiknya dan menjadikan ilmunya bermanfa’at.

Hak yang paling penting adalah hak Allah ta’ala dengan mencintai-Nya, takut, berharap dan  ta’at kepada-Nya, menjalankan perintah-Nya, menjauh-kan larangan-Nya, mencintai orang-orang yang ta’at kepada-Nya dan membenci orang-orang yang berbuat maksiat kepada-Nya.

Setelah itu hak Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam, dengan men-cintai-Nya, menuruti perintah-Nya dan menjauhi larangannya, membela sunnah-sunnahnya dan menjadikannya sebagai panutan dan memperbanyak shalawat terhadapnya.

Kemudian hak sanak saudara dengan berbuat baik kepada mereka serta tidak memutuskan hubungan (silaturrahim). Yang paling utama adalah kedua orang tua dimana kita harus berbuat baik dan berbakti kepadanya, mentaati perintahnya serta menjauhi larangannya selama mereka tidak memerintahkan kepada maksiat terhadap Allah, mendoakan mereka semasa hidupnya dan setelah kematiannya.

Sementara hak anak adalah dengan mendidiknya dengan  pendidikan dan pengajaran serta adab yang baik. Kemudian hak-hak yang timbal balik antara suami istri dengan pergaulan yang baik serta saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa.

Hak tetangga dapat terwujud dengan berbuat baik kepada mereka dengan ucapan dan perbuatan serta menghindari perbuatan yang dapat menyakitinya baik dengan perkataan maupun perbuatan.

Adapun hak-hak seorang mu’min secara umum adalah: Menyebarkan salam, mengunjungi orang sakit, mendoakan orang yang batuk, memenuhi undangan, menasihatinya, menunaikan sumpah, menolong orang yang dizalimi, mengantar-kan jenazah, mencintainya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri, membenci apa yang dibencinya sebagaimana dirinya membencinya, memerintahkan kepada yang ma’ruf  serta mencegah perbuatan munkar.

Saya telah membaca buku ini dan telah saya koreksi serta saya berikan nomor-nomor ayat serta saya takhrijkan hadits yang belum ditakhrij dalam catatan aslinya. Kandungannya bersumber dari firman Allah ta’ala dan sabda-sabda Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam. Saya mohon kepada Allah ta’ala agar menjadikan-nya bermanfaat dan dijadikan sebagai pahala yang besar bagi pengarangnya dan siapa yang melaksanakannya.

Shalawat dan salam atas Nabi kita, keluarga dan para sahabatnya

Abdullah bin Jarullah Al Jarullah.

HAK-HAK YANG SESUAI FITRAH DAN DIKUATKAN SYARI’AT

Sesungguhnya segala puji hanya untuk Allah ta’ala semata, kami meminta pertolongan, ampunan dan bertaubat kepada-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan dan keburukan segala perbuatan kami. Siapa yang diberi-Nya hidayah, maka tidak ada yang menyesatkannya, siapa yang disesatkan-Nya, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Saya bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam semoga Allah memberinya shalawat dan salam kepadanya dan para shahabatnya serta orang yang mengikuti mereka dengan baik.

Merupakan kebaikan dari syariat Islam adalah diperhatikannya keadilan dan diberinya hak terhadap setiap sesuatu yang memiliki hak dengan tidak berlebih-lebihan dan kekurangan. Allah telah memerintahkan agar bersikap adil, ihsan (perbuatan baik) dan memenuhi (kebutuhan) kaum kerabat. Karena keadilanlah, para rasul diutus, kitab-kitab diturunkan dan semua perkara dunia dan akhirat ditegakkan. Keadilan artinya memberikan hak terhadap segala sesuatu yang memiliki hak dan menempatkannya sesuai dengan kedudukannya. Hal tersebut tidak akan terlaksana dengan baik kecuali dengan mengetahui hak-haknya.

Berdasarkan hal tersebut kami akan uraikan sebuah penjelasan yang menerangkan beberapa hal yang penting dari hak-hak tersebut agar seseorang dapat menunaikannya sesuai pemahaman yang ada padanya dan sesuai dengan kemampuannya. Kami ringkas hal tersebut dalam beberapa point berikut:

1. Hak Allah ta’ala.

2. Hak Rasulullah  shollallohu ‘alaihi wa sallam.

3. Hak kedua orang tua.

4. Hak Anak-anak.

5. Hak sanak saudara.

6. Hak suami istri.

7. Hak tetangga.

8. Hak pemimpin dan rakyat.

9. Hak kaum muslimin secara umum.

10. Hak orang-orang non muslim.

Itulah beberapa hak yang ingin kami bicarakan dalam uraian singkat berikut ini.. bersambung Insyaallah

sumber: http://okishiddik.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: